Cara Membuat Widget Contact Form Whatsapp (WA) di Blogger
Cara Membuat Widget Contact Form Whatsapp (WA) di Blogger
Andrie Kristianto - Cara Membuat Widget Contact Form Whatsapp (WA) di Blogger. Saat ini pengguna whatsapp meningkat drastis, hal ini mungkin akibat dampak dari wabah virus corona yang membuat banyak orang #DirumahAja dan memainkan aplikasi whatsapp yang mereka miliki. 

Dari hal ini banyak para blogger untuk berbondong-bondong untuk memasang widget whatsapp atau wa di halaman blog yang mereka miliki, agar jualan atau jasa yang mereka tawarkan dapat mudah dihubungi langsung melalui kontak whatsapp diblog. 

Widget ini sangat bagus sekali jika dipasang di halaman blog, karena widget ini sangat ringan sekali dan tidak memakan loading yang cukup besar. Bahkan untuk seluruh browser atau perangkat sangat responsive sekali untuk widget contact form whatsapp ini. 

Mungkin banyak cara terbaru terkait pemasangan widget contact form whatsapp atau wa ini, ada yang hanya css dan html saja, ada yang menggunakan script, dan ada juga yang menggunakan pihak ketiga. 

Akan tetapi lebih baik jika tidak menggunakan cara tersebut, karena akan memperlambat loading website karena banyak resources yang harus di ambil dari pihak ketiga ataupun script yang di load. 

Cara Membuat Widget Contact Form Whatsapp (WA) di Blogger 

Dibawah ini akan saya jelaskan langkah-langkah untuk membuat widget contact form whatsapp (wa) di blogger ini, semoga bahasa yang saya gunakan mudah dipahami dan dimengerti. Jika tidak paham bisa berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. 

1. Langkah Pertama, Login ke akun blogger atau tema blogspot yang ingin Anda terapkan widget ini, lalu pergi ke dashboard menunya pilih menu Tema, lalu klik EDIT HTML.

2. Langkah Kedua, salin kode dibawah ini lalu letakkan diatas kode tag </body> 
 <script type="text/javascript" src="https://cek.jasa-design.web.id/contactform-wa/widget/?kode_area=62&amp;nomor_whatsapp=81995308518&amp;nama_admin=andrieid&amp;pesan_salam=Halo Mas Andrie &amp;posisi_widget=kiri"></script> 

Keterangan :

  1. Ganti nomor handphone yang saya tandai warna kuning dengan nomer hp Anda, kodenya: whatsapp=81995308518. Perhatikan penulisan nomor hpnya tidak menggunakan prefix '0'.
  2. Untuk nama admin, silahkan ganti sesuai dengan nama yang ingin Anda cantumkan saat pengunjung melakukan komunikasi dengan Anda di Whatsapp. Kodenya: admin=andrieid
  3. Selanjutnya untuk salam pembuka juga boleh diganti sesuai dengan keinginan Anda, kodenya: salam=Halo Mas Andrie
  4. Terakhir penempatan tombol tersebut bebas ingin diletakkan dimana aja, apakah dibawah kiri, kanan, atas, dsb. Silahkan ubah kode: posisi_widget=kiri diubah sesuai dengan keinginan Anda.

Pelatakkan tidak harus diatas kode tag </body>, jika ingin copy dan paste melalui widget tata letak pada menu dashboard blogger juga bisa, maka akan secara otomatis saat widget ditambahkan maka widget contact form whatsapp (wa) di blogger juga akan muncul.

Demikian terkait Cara Membuat Widget Contact Form Whatsapp (WA) di Blogger, Semoga bermanfaat. 

Postingan Lebih Baru Postingan Lama

Komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama