Terinspirasi dan Bergerak Untuk Belajar Berbagi Dengan Menjadi Relawan
Andrie Kristianto - Terinspirasi dan Bergerak Untuk Belajar Berbagi Dengan Menjadi Relawan.  Di era globalisasi seperti sekarang ini, tidak bisa orang atau organisasi bekerja sendiri-sendiri. Semua orang dituntut untuk bisa bekerjasama, berkolaborasi bersama, atau bisa saling membantu satu dengan yang lainnya. 

Dalam kegiatan sukarelawan banyak kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kerjasama, hal ini dengan tujuan mampu menyelesaikan segala permasalahan yang ada, sehingga semua bisa berjalan sebagaimana mestinya dan tentu bisa memberikan manfaat yang luas kepada banyak orang. 

Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country. 
- John F. Kennedy -

Mungkin beberapa kita akan merasa, "Aku belum punya banyak pengalaman, apa yang bisa Aku bagikan sebagai seorang relawan ?" Menjadi seorang relawan yang terpenting adalah kerelawanan untuk mau belajar, kerelawanan untuk mau membantu orang lain dengan tulus, dan kerelawanan untuk mau berbagi kehidupan. 

Berkontribusi menjadi relawan tidak harus dalam skala yang besar, banyak jenis-jenis aksi kerelawanan yang bisa dilakukan, diantaranya: 

1. Relawan Bencana (Rescuer)

Menjadi seorang relawan bencana harus memiliki kemampuan atau kompetensi dasar terkait kondisi bencana yang terjadi, karena dalam aksi yang dilakukan tidak hanya mengevakuasi korban saja tetapi juga mempertimbangkan berbagai keperluan logistik, kesehatan yang dibutuhkan di lokasi bencana.

Seorang relawan bencana juga harus tahu apa yang harus dilakukan, dan bagaimana mengatasinya jika ada situasi-situasi yang tidak terduga terjadi. Pengetahuan-pengetahuan tersebut dapat dilatih dengan melakukan training-training di sekolah relawan, agar calon relawan dapat memiliki pengetahuan dasar terkait kebencanaan.  

2. Relawan Pendampingan Masyarakat (Fasilitator)

Relawan pendampingan masyarakat merupakan proses pendampingan atau pemberdayaan didalam masyarakat, agar masyarakat dapat tumbuh dan berkembang sehingga memiliki potensi lokal yang berdaya saing. 

Pemberdayaan yang dilakukan relawan didalam masyarakat pun bisa beranekaragam, mulai dari pendidikan, pengembangan ekonomi kreatif, pelatihan kewirausahaan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini tentu masyarakat bisa menjadi lebih mandiri dalam menentukan perekonomiannya, serta potensi-potensi apa saja yang bisa mereka angkat di lingkungannya. 

3. Relawan Aksi Eventual 

Relawan aksi eventual merupakan kegiatan yang memanfaatkan waktu luang untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang dikemas dalam bentuk acara atau kegiatan eventual. Seperti kegiatan bakti sosial, seminar, mengajar di sekolah, kunjungi ke panti asuhan, atau aksi kemanusian seperti membagikan makanan secara gratis di jalan (Free Food Car) atau FoodBOX.

4. Relawan Digital 


Relawan digital merupakan Aksi baik yang bisa dilakukan melalui digital platform seperti sosial media,  dengan membagikan informasi melalui tombol share atau melalui unggahan postingan.  

Aksi baik seperti ini pun dapat memberikan pintu rezeki untuk orang lain, seperti seorang kakek yang sedang berjualan nasi uduk yang sedang tertidur karena sepinya pelanggan. Hal ini pun menggerakkan hati seorang perempuan bernama Hafizah Sari, dan mengunggahnya di sosial media. Unggahan tersebut pun dibagikan lebih dari 89.000 kali, dan banyak orang langsung bersimpatik dan datang ke lokasi kakek tersebut berjualan.  

Kekuatan sosial media ini bisa dimanfaatkan untuk berbuat baik, dan berbagi hal-hal positif kepada orang lain. Menjadi relawan digital dengan bermodalkan smartphone pun bisa dilakukan. 

5. Relawan Backpacker

Perjalanan yang jauh itu tak pernah jauh dari nilai kebermanfaatan, dan setiap perjalanan yang dilakukan harus melahirkan jejak kebaikan. Melakukan perjalanan sebagai seorang relawan backpacker ke berbagai destinasi di Indonesia, memberikan kesempatan serta peluang untuk bisa belajar, berbagi, dan menebar manfaat kepada masyarakat disekitar. 

Saya sangat terinspirasi sekali dengan Mba Retno (kotakpermen.com), yang dimana beliau sering sekali melakukan perjalanan ke berbagai destinasi di Indonesia dan tidak lupa pula berbagi pengalaman melalui tempat-tempat yang pernah beliau kunjungi. Seperti melakukan berbagai pelatihan menulis, menggambar, membaca buku, dan masih banyak lagi. 

Relawan tak dibayar bukan karena tak bernilai, tapi karena tak ternilai. - Anies Baswedan - 

Hadirnya relawan-relawan di Indonesia ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, dan menjadi solusi dari berbagai pemasalahan yang terjadi saat ini. Seperti bencana banjir, tanah longsor, bencana alam, gunung meletus, dan sebagainya.

Akan tetapi seorang relawan juga harus dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan dasar, agar calon relawan ini bisa memberikan manfaat yang lebih dan siap untuk terjun langsung ke lapangan. 

Jika tidak berhati-hati malah bisa menimbulkan dampak yang buruk atau hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Untuk mencegah terjadinya dampak-dampak negatif tersebut perlu adanya pelatihan khusus untuk seorang calon relawan untuk dapat tahu bagaimana teknik-teknik penyelamatan, evakuasi, pembelajaran yang tepat guna melalui lembaga khusus sekolah relawan.


Apa itu Sekolah Relawan ?

Sekolah Relawan adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang berfokus kepada edukasi kerelawanan dan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud aksi nyata, serta senantiasa berupaya melahirkan relawan-relawan yang siap untuk mengembangkan program-program sosial di masyarakat. 

Pengembangan ini pun tidak hanya pengembangan dalam segi kapasitas saja, akan tetapi juga bisa memberikan manfaat yang lebih luas di masyarakat. Dan memberikan inspirasi kepada orang lain untuk bisa bergerak dan belajar berbagi dengan menjadi relawan. 

Pengembangan edukasi yang ini dilakukan diberbagai bidang di masyarakat, hingga bisa berperan aktif di lembaga pemerintahan. Dan tentu pemberdayaan dan training dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia sosial dan aksi kerelawanan.

Program-Program Sekolah Relawan 

Sebagai sebuah lembaga kemanusiaan yang berfokus kepada edukasi kerelawanan, tentu Sekolah Relawan memiliki berbagai macam program-program atau agenda kegiatan, yaitu:

1. Ketuk Berkah

Ketuk berkah adalah program berbagi sembako kerumah fakir miskin, yatim, dan dhuafa pada malam hari. Sembako yang diberikan berupa beras, minyak goreng, gula pasir, sarden, kecap, teh, ikan asin, dan jenis-jenis lainnya yang tergantung pada kebutuhan yang ada. 

" KETUK BERKAH "
 - Mengetuk Pintu di Bumi, Mengharap Berkah dari Langit.
Mereka tak perlu tahu siapa yang mengetuk pintunya, cukup mereka tahu ada rezeki Allah yang datang. - Bayu Gawtama - 

2. Yatim Bright

Yatim Bright merupakan program orang tua asuh dan pendamping bagi tumbuh kembang anak yatim, agar mereka mampu dan bisa mewujudkan mimpi-mimpinya. Program Yatim Bright ini mencakup beberapa program, yaitu;

- Pendidikan Yatim 

 Dalam program pendidikan yatim ini, sekolah relawan berusaha untuk menjamin seluruh keperluan pendidikan anak-anak yatim dan dhuafa seperti biaya sekolah, daftar ulang untuk kenaikan kelas, biaya ujian semester, serta komponen-komponen biaya lainnya.

- Pendampingan Yatim dan Mentor Yatim 

Program ini merupakan bagian yang terpisah dari pendidikan yatim, didalam program ini akan ada relawan mentor dari sekolah relawan untuk mendampingi serta memantau perkembangan anak-anak yatim dan dhuafa secara berkala.

- Pendampingan Keluarga Yatim 

Program pendampingan keluarga yatim ini merupakan program pemberdayaan ekonomi oleh sekolah relawan, agar keluarga yatim yang didampingi dapat berdaya dan mandiri dan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. 

3. Free Food Car ( Berbagi Makanan Gratis )

Free Food Car merupakan program yang diadakan Sekolah Relawan dengan berbagi makanan secara gratis kepada masyarakat di sekitar seperti penjual koran, pembersih jalanan, pengamen, anak-anak kecil, dan masyarakat lainnya yang pantas untuk menerimanya. 

Bagi Anda yang ingin membantu atau ingin berdonasi melalui lembaga Sekolah Relawan, dapat mengirikan bantuannya melalui: 
- Rek. Mandiri : 17 300 203040 78 (a.n. Yayasan Sekolah Relawan)
- Rek. BCA : 86 913 48474 (a.n. Yayasan Sekolah Relawan)

Jangan lupa untuk menambahkan kode unik 053 diakhir nominal transfer, serta konfirmasi transfer melalui: 0852-1855-3006  (Sekolah Relawan)

Segala Aksi Baik yang kita berikan sekecil apapun itu tentu akan berarti sangat besar untuk mereka, semoga dengan artikel ini bisa Terinspirasi dan Bergerak Untuk Belajar Berbagi Dengan Menjadi Relawan. Semoga bermanfaat. 

" Hidup bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain. " - Sutopo Purwo Nugroho - 

Sumber Foto dan Referensi ; 
- https://sekolahrelawan.com/
- https;//kotakpermen.com/

Postingan Lebih Baru Postingan Lama

2 komentar

  1. BLOG - Andrie Kristianto
  2. Vicky Cahyagi

    Relawan gajinya dibayar dengan pahala untuk tabungan akhirat nanti. Bisa disebut pahlawan juga menurut saya & membantu pemerintah

    Balas Hapus
Postingan Lebih Baru Postingan Lama