Trik Cara Buat Sitelink Blog Muncul Lebih Cepat di Hasil Pencarian Google
Trik Cara Buat Sitelink Blog Muncul Lebih Cepat di Hasil Pencarian Google
Andrie Kristianto - Trik Cara Buat Sitelink Blog Muncul Lebih Cepat di Hasil Pencarian Google. Mungkin sebagian orang berpikir syarat untuk mendapatkan sitelink harus memiliki umur blog yang relatif cukup lama, tetapi ada juga blog dengan umur yang tergolong masih baru bisa mendapatkan sitelink dengan lebih cepat. Lalu bagaimana triknya?


Apa itu sitelink blog?

Sitelink adalah kumpulan beberapa link postingan blog yang muncul di hasil pencarian google, terkadang contoh teks sitelink yang muncul pun bisa berubah-ubah. Hal itu tergantung pada rekomendasi yang diberikan google terhadap blog yang Anda miliki, sehingga dengan begitu bisa memberikan kemudahan kepada pelanggan atau pengunjung yang ingin menavigasi website/blog Anda.

Sitelink yang diberikan google ini pun sangat mirip sekali dengan sitelink adwords yang kita setting di google search tools. Namun perbedaan sitelink yang diberikan google ini adalah murni dan biasanya akan bertahan lebih lama, jika dibandingkan dengan sitelink yang diatur melalui adwords.

Trik Cara Membuat Sitelink Blog Muncul Lebih Cepat di Hasil Pencarian Google

Manfaat Cara Buat Sitelink Bagi Website atau Blog 

Manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memiliki sitelink berdasarkan kata kunci yang Anda targetkan, yaitu :

1. Blog Berada di Posisi Pertama Pencarian Google

Blog atau website yang memiliki sitelink di hasil pencarian google pasti akan muncul paling pertama atau berada di paling atas halaman page one google. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda jika memiliki kata kunci atau keyword yang cukup banyak, dan tentu biasanya trafik blog akan meningkat cukup drastis dari trafik sebelumnya.

2. Blog atau Website Menjadi Berkualitas dan Profesional

Blog atau website yang memiliki sitelink dapat menunjukkan bahwa blog tersebut memiliki kualitas yang baik, dikarenakan blog diurus dengan serius dan diisi dengan konten-konten yang unik serta bermanfaat. Semakin unik dan memiliki manfaat yang besar, kemungkinan sitelink pada blog bisa muncul dengan cepat di hasil pencarian google berdasarkan kata kunci/keyword yang Anda targetkan. 

3. Halaman Pertama Google Dominan Konten Milik Anda

Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan yaitu tentu bisa dilihat pada halaman pertama google berdasarkan kata kunci / keyword yang Anda targetkan. Biasanya jika blog atau website Anda memiliki sitelink, maka di halaman pertama google akan dominan dengan konten milik Anda. 

Konten-konten tersebut biasanya konten yang relevan dengan tema situs web/blog Anda, atau konten sosial media yang Anda miliki seperti halaman page facebook, twitter, instagram, foto yang pernah Anda bagikan, dan lain sebagainya. 

Trik Cara Buat Sitelink Blog Muncul Lebih Cepat di Hasil Pencarian Google

Cara Membuat Sitelink Pada Blog di Hasil Pencarian Google

Untuk mendapatkan dan membuat sitelink agar bisa muncul lebih cepat di hasil pencarian google, dapat menggunakan beberapa trik jitu yang akan saya jelaskan dibawah ini. Sebelum ke penjelasan lebih lanjut, pastikan template blog yang Anda gunakan tidak ada yang error terkait struktur data atau error dalam search console yang Anda miliki. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink dihasil Pencarian Google ?

1. Nama Domain 

Pastikan Anda memiliki nama domain yang unik dan mudah diingat, penggunaan nama domain yang unik atau belum pernah digunakan oleh kebanyakan orang tentu akan memberikan poin plus untuk website/blog Anda. 

Selain memiliki domain yang unik juga pastikan domain yang Anda miliki mudah diingat, dan biasanya tidak lebih dari 4 kata. Semakin unik serta mudah diingat maka sitelink di hasil pencarian google bisa muncul lebih cepat dari yang diduga. 

2. Template Blog

Template merupakan poin penting yang harus Anda perhatikan, karena dengan menggunakan template yang baik tentu akan memberikan profesionalitas terhadap website/blog yang Anda bangun. Pastikan menggunakan template yang tidak melanggar hak cipta orang lain, karena hal ini merupakan pelanggaran kebijakan yang ada di google sendiri. 

Jika pelanggaran ini terus diabaikan maka akan berakibat pada saat ingin mendaftarkan diri ke produk-produk google lainnya, seperti Google Adsense. Berbagai penolakan tentu akan terus terjadi, alangkah lebih baik mencegah daripada mengobati.

3. Buat Konten yang Original 

Konten original merupakan konten yang sangat disukai oleh google. Selain belum pernah dipublikasikan di website manapun, konten original juga memberikan suatu yang unik dan baru. Pastikan konten Anda terhindari dari tindakan pelanggatran Copy Paste atau penulisan ulang artikel, hal ini bisa Anda cek melalui tools online seperti copyscape atau google alert. 

4. Pasang Schema Markup Sitelink Google di Website / Blog Anda

Memasang schema markup sitelink google di website atau blog Anda ini hanya sebagai pemicu atau pertanda website Anda termasuk kedalam tipe list yang Google sediakan, selengkapnya Anda bisa kunjungi https://schema.org. 

Letakkan kode dibawah ini diantara kode <head> dan </head>, peletakkan kode bebas baik dibawah <head> atau diatas kode </head>. 
 <script type="application/ld+json">
{
  "@context": "http://schema.org",
  "@type": "WebSite",
  "url": "https://www.andrie.id/",
  "potentialAction": {
    "@type": "SearchAction",
    "target": "https://link.andrie.id/search?q={search_term}",
    "query-input": "required name=search_term"
  }
}
</script> 

Google Sitelink merupakan suatu fitur terbatas yang hanya google yang bisa menambahkannya, dari kita sebagai pemilik, hanya bisa membantu google agar bisa muncul di halaman pencarian google lebih cepat. 

Hal tersebut tentu bukanlah suatu hal yang mustahil, dengan melakukan trik jitu yang sudah dijelaskan, kemungkinan untuk bisa mendapatkan google sitelink bisa menjadi lebih cepat. Demikianlah artikel Trik Cara Buat Sitelink Blog Muncul Lebih Cepat di Hasil Pencarian Google, Semoga Bermanfaat. 

Postingan Lebih Baru Postingan Lama

1 komentar

Postingan Lebih Baru Postingan Lama